Rabu, 22 Juni 2016

RPP matematika SD kelas IV





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SDN 3 Pontianak
Mata pelajaran             : Matematika
Kelas/Semester            :    IV / I(satu)






A.     Standar Kompetensi
            3. Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah
B.     Kompetensi Dasar
3.1   Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat

C.     Indikator
1.      mampu menyebutkan sudut lancip, tumpul dan siku-siku dari bangun datar dan bangun sekitar
2.      mampu menggambar jenis-jenis sudut
3.      mampu mengukur besar sudut
4.      mampu membandingkan besar dua sudut


D.     Tujuan pembelajaran
1.      Siswa mampu menyebutkan sudut lancip, tumpul dan siku-siku dari bangun datar dan bangun sekitar
2.      Siswa mampu menggambar jenis-jenis sudut
3.      Siswa mampu mengukur besar sudut
4.      Siswa mampu membandingkan besar dua sudut








E.     Materi Ajar
Ingatkah kamu, apa yang dimaksud dengan sudut? Mari kita perhatikan gambar bagian-bagian dari benda di bawah ini. 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEicwHPUCYPhq69TuOaufcURiNm7d7nOwNCUGY-6nBbyYVh45wnHy9LSU7IveiilWsNOOZa03YK6kpxn0M67Ce0VS9DyZJT7wmN9T6y7XsGPGdt5jRuJhwOOIW5BApb0MOeZFXQJnLIKRgEx/s1600/1.bmp
Sudut-sudut tersebut dapat kita gambarkan sebagai pertemuan dua garis lurus. Mari kita tuliskan pengertian sudut bersama-sama.




https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBB67o5ek0ajoa7wR44_bqGoak8YtnFoF2Nw6LdWvr1K8ZbjlCKvjiyp73NtZcpKcq2Mxrbvr5_U30j64bRMS3lsdMNLysfWx7gY6-HFSuwPveJzCNFSI2zX01AOyIfOc8mwsF8TbmmzBG/s1600/2.bmp

Sudut adalah daerah yang dibatasi oleh dua sinar (garis lurus). 
Contoh:
Jenis-jenis Sudut
1.      Sudut siku-siku, adalah jika kedua sinar garis membentuk sudut 90°.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8rbg2qsjeoduF0ry_klyjM_r-rbsdXvbz1NOG0IbW5z2sYjOlv7gYmP34y6eAnrArqaHFon7iXA2BeSxecaZ5WMLzYCXJzx8tDCVBptz5OK8ylV8tNqCP9aJCcNxFjVOh-8FIcgzndk-J/s1600/3.bmp

2.      Sudut lancip adalah jika kedua sinar garis membentuk sudut kurang dari 90 ° dan lebih dari 0°
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7x2M1_-eomvSWA5-6zMftk-zMxIeumpqPN5vcKMdXuw6GrQjxonHmwcCdjc75CDvWaWaHi7gnkjcougH5WysednGq0jITL-YKrsvIZxt06z41VTaXU5yhDwyWMZ28WSXh1UjCjC3WmMRs/s1600/4.bmp
3.      Sudut tumpul adalah jika kedua sinar garis membentuk sudut lebih dari 90° dan kurang dari 180°.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh153KXsz7EcyYajj1Ssy7MoMUzC9SMD0sXmV2XZvWc4h_tSwl8t7MmLE9adHRsI1_WNkdAuEuhmEH4khB60FPdt9NfkJi5LhRRrfjdj7ZPLrX7pv90uJHKSmIGj5g0My-iZ5H4mOK7I1YO/s1600/5.bmp

F.      Alokasi Waktu
            2 x 35 menit
G.    Pendekatan dan Metode
Percobaan, Diskusi,  Latihan dan Inkuari



H.     Kegiatan belajar mengajar

Kegiatan Awal (10 menit)
1.      Siswa memulai kegiatan dengan berdoa
2.      Guru menanyakan kehadiran siswa
3.      Guru nmenyampai kan peraturan dalam pembelajaran
4.      Apresepsi/Motivasi
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran

Kegiatan Inti (50 menit)
Eksplorasi
1.      Guru melakukan Tanya jawab kepada siswa tentang sudut
2.      Siswa di jelaskan tentang jenis-jenis sudut

Elaborasi
1.      Guru membagikan gambar-gambar sudut yang harus diukur oleh siswa dalam kelompok/teman sebangku
2.      Siswa melakukan percobaan dengan menggunakan media segi tiga dan busur derajat, pengukuran, pengamatan, analisis dan diskusi untuk dapat menentukan jenis sudut (lancip, tumpul dan siku-siku) dan besarnya sudut
3.      Guru membimbing siswa dalam pengamatan menentukan jenis sudut dan mengukur besarnya sudut
4.      Siswa mempresentasikan dan memajang hasil pengukurannya
5.       Hasil pengukuran dan pengamatan siswa yang dipajang kemudian disalin dibuku catatan masing-masing siswa untuk dinilai oleh guru

Konfirmasi
1.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
2.      Guru bersama siswa menarik kesimpulan mengenai pengukuran sudut yang telah dipelajari
3.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa dalam materi pengukuran sudut

Kegiatan penutup (10 menit)
1.      Siswa dan guru sama-sama membuat kesimpulan tentang materi yang telah di pelajari
2.      Siswa di berikan pekerjaan rumah
3.      Guru menutrup peljaran dengan memberikan salam dan doa







I.        Evaluasi
     Bandingkan sudut-sudut di bawah ini.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjx7p7UI9KYGY9cOqdBWG7Hr0DcBPkW11winvMUiCwZQ4n2-Qu-Y-QaJspuJfNAzebaUHc_yffTSF6dfSiB1UtFI9mrKwT7j94XS8ayrhkdSNOxBcfkW9_X-GbRLAi6eHtwDYr0aQtgfM1d/s320/14.bmp


Kunci jawaban
1.      sudut A lebih besar dari sudut B
2.      sudut C lebih kecil dari sudut B
3.      sudut D lebih besar dari sudut F
4.      sudut G lebih besar dari sudut H
5.      sudut I dan J sama besar

J.       Pedoman Penilaian
Soal no 1-5 yang jawaban yang benar skor nya = 2



K.    Sumber dan Media pembelajaran

A.    Sumber belajar
1.      BSE
2.      Buku pelajarn matematika untuk sekolah dasar kelas 4

B.     Media pembelajaran
Segitiga dan busur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar