RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendiddikan : Sekolah Dasar
Kelas
/ semester : V / 1 (
Satu)
Mata
pelajaran / Tema : Matematika / bangun datar
Materi : Menghitung luas bangun datar
Jumlah
pertemuan : 1 kali ( 2 x 45 menit)
A.
Standar Kompentensi
3. menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakan
nya dalam pemecahan masalah
B. Kompentensi
Dasar
C. Indikator
1.
Mengidentifikasikan
sifat-sifat bangun datar trapesium
2.
Menemukan rumus luas bangun datar
trapesium
3.
Menghitung luas
trapesium
4.
Mengidentifikasikan
sifat-sifat layang-layang
5.
Menemukan rumus
layang-layang
6.
Menghitung luas
layang-layang
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan
bimbingan guru siswa akan mengidentifikasikan sifat-sifat bangundatar trapesium
2.
Dengan
bimbingan guru siswa akan menemukan luas bangun datar trapesium
3.
Dengan
bimbingan gurur siswa akan bersama-sama akan menghitung luas trapesium
4.
Dengan
bimbingan guru siswa akan mengidentifikasikan sifat-sifat layang
5.
Dengan
bimbingan guru siswa akan menemukan rumus layang-layang
6.
Dengan
bimbingan guru siswa akan bersama-sama menghitung luas layang-layang
E. Materi Ajar
a. Luas
Trapesium
![]() |
Cara
1:
1)
Trapesium dipotong
secara horisontal menjadi dua bagian.
2)
Potongan trapesium
tersebut dipindahkan seperti pada gambar sehingga membentuk bangun persegi
panjang dengan ukuran :
·
Panjang = Jumlah sisi sejajar trapesium
·
Lebar = ½ dari tinggi trapesium
Jadi berdasarkan rumus luas persegi panjang, luas
trapesium dapat dirumuskan sebagai berikut :
Luas = Panjang x
lebar

Cara 2:
1)
Buat diagonal
sehingga terbentuk dua segitiga,seperti nampak pada gambar di atas
2)
Trapesium terdiri
atas dua segitiga siku-siku yang memiliki tinggi sama.
3)
Hitung luas
masing-masing luas segitiga
4)
Jumlahkan kedua
luas segitiga tersebut.
5) Temukan rumus luas daerah yang terjadi.
b.
Luas Layang-layang
![]() |
1)
Bagian
layang-layang yang berwarna biru dipotong dan dipindahkan sesuai gambar sehingga
membentuk bangun persegi panjang dengan ukuran :
·
Panjang = diagonal
panjang (d1)
·
Lebar = ½ diagonal pendek (d2)
2)
Berdasarkan rumus
luas persegi panjang maka luas layang-layang dapat dihitung dengan rumus
sebagai berikut :
Luas =
Panjang x Lebar
=
Diagonal panjang (d1) x ½ diagonal pendek (d2)
= 

F.
Alokasi Waktu
2 x 35 menit
G.
Pendekatan dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientific
2. Strategi : Cooperative Learning
3. Metode : Penugasan, Tanya jawab,
Diskusi
H.
Kegiatan
Belajar mengajar
Kegiatan Pendahuluan
1.
Siswa memulai kegiatan dengan berdoa
2.
Guru menanyakan kehadiran siswa
3.
Guru nmenyampai kan peraturan dalam
pembelajaran
4.
Apresepsi/Motivasi
5.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
1. Siswa di
jelaskan sebuah topik ( Trapesium dan layang-layang ) yang akan di bahas guru
pada hari ini ( Eksplorasi)
2. Siswa membentuk
sebuah kelompok dan mengidentifikasi bangun di sekitar kelas yang terbentuk
trapesium dan layang-layang dan guru menyumbangkan informasi (Eksplorasi)
3. Siswa di
bagikan LKS ( Lembar Kegiatan Siswa) sebagai pedoman yang akan di lakukan di
kelompok nya (Eksplorasi)
4. Siswa diberikan
tugas untuk membuat gambar bangun datar sesuai topik yang telah di sepakati
pada hari ini: trapesium dan layang-layang(Elaborasi)
5. Siswa bekerja
sama dalam kelompok nya untuk mengisi lembar kegiatan yang telah dibagikan.
(Elaborasi)
6. Siswa diberikan
soal cerita yang berhubungan dengan luas bangun datar trapesium dan
layang-layang guna melatih berpikir kreatif dan mandiri (konfirmasi)
7. Siswa secara
kelompok membuat dan memotong bangun trapesium dengan teliti, kemudian
membentuk nya menjadi persegi panjang dan menentukan luas nya (Elaborasi)
8. Siswa secara
kelompok membuat dan memotong bangun layang-layang dengan teliti kemudian
membentuk nya menjadi persegi panjang dan menentukan luas nya(Elaborasi)
9. Siswa secara
berkelompok mempresentasikan hasil kerja di depan kelas secara
bergantian(Elaborasi)
10. Siswa
mengevaluasi kejelasan dan penampilan presentasi berdasarkan kriteria yang
telah di sepakati( Elaborasi )
11. Siswa di
berikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum di mengerti(
Konfirmasi )
Kegiatan Penutup
1.
Siswa dan guru sama-sama membuat
kesimpulan tentang materi yang telah di pelajari
2.
Siswa di berikan pekerjaan rumah
3.
Guru menutrup peljaran dengan
memberikan salam dan doa
I. Evaluasi
1.
Hitunglah luas bangun trapesium di bawah ini !

Luas = … cm2
2.
Kebun Pak Tono berbentuk trapesium siku-siku dengan panjang sisi
Selatan 40 m, sisi Utara 35 m, dan sisi Barat 16 m. Tentukan luas tanah Pak
Tono tersebut!
3. Hitunglah
luas bangun layang-layang di bawah ini !
![]() |
|||
|
|||
4.
Sebuah layang-layang dengan
ukuran diagonal 40 cm dan 28 cm diterbangkan selama 1 jam. Berapa cm
kertas yang diperlukan untuk membuat laying-layang tersebut?
Kunci
Jawaban:
1.
Diketahui:
Panjang = jumlah sisi sejajar trapesium
= 20 + 24 = 44 cm
Lebar
= ½ tinggi trapesium
=
5 cm = 2,5 cm
=
44 x 2,5 = 120
Luas trapesium =
120 cm2.
2.
Diketahui:
Panjang = jumlah sisi sejajar trapesium
= 40 m + 35 m = 75 m = 75 cm
Lebar
= ½ tinggi trapesium
=
16 m = 16 cm = 8 cm
=
75 x 8 = 600 cm2
Jadi
luas tanah pak tono adalah 600 m2
3.
Diketahui: Luas = panjang
x lebar
= Diagonal panjang (d1) x ½ diagonal
pendek (d2)
Panjang = 20 cm
Lebar
= 15 cm = 7,5 cm
=
20 x 7,5 = 150 cm
Luas layang-layang = 150 cm2.
4.
Diketahui: Luas = panjang
x lebar
= Diagonal panjang (d1) x ½ diagonal
pendek (d2)
Panjang =
40 cm
Lebar = 28 = 14 cm
Luas = 40 x 14 = 560 cm
Luas
layang-layang = 560 cm2.
J. Pedoman Penilaian

No
|
Indikator
|
Skor
|
1.
|
Soal
no 1 dan 2
|
25
|
2.
|
Soal
no 3 dan 4
|
25
|
3.
|
Skor
maksimal
|
100
|
Sumber dan Media pembelajaran
1. Sumber
Buku pelajaran matematika SD KTSP pendamping siswa
canggih, CV. Gema Nusa
2. Media Pembelajaran
a.
Kertas origami
b.
Penggaris
c.
Pensil/bulpoin & penghapus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar