RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
SMK
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
Standar
Kompetensi
6. Menerapkan
budaya hidup sehat.
Kompetensi Dasar
6.1. Memahami
bahaya HIV/AIDS
6.2. Memahami
cara penularan HIV/AIDS
6.3. Memahami
cara menghindari penularan HIV/AIDS
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Mengidentifikasikan bahaya HIV/AIDS.
2.
Mengidentifikasikan cara penularan HIV/AIDS.
3.
Mengidentifikasikan cara menghindari penularan HIV/AIDS.
A.Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat
mengidentifikasi bahaya HIV/AIDS yang meliputi : perkembangan HIV/AIDS di
Indonesia, asal
usul penyakit HIV/AIDS dan tahapan-tahapan HIV/AIDS menjadi AIDS.
2. Siswa dapat
mengidentifikasikan cara menghindari HIV/AIDS melalui: cara HIV/AIDS
masuk dalam
tubuh manusia, masa inkubasi virus HIV/AIDS, cara penularan virus
HIV/AIDS, gejala
awal terinfeksi virus HIV/AIDS dan kelompok beresiko tinggi terkena
HIV/AIDS.
3. Siswa dapat
mengidentifikasikan cara pencegahan virus HIV/AIDS melalui: cara pencegahan
virus HIV/AIDS
dan obat-obatan untuk menyembuhkan virus HIV/AIDS.
Karakter siswa
yang diharapkan :
, Kerja keras,
Menghargai
prestasi,
Disiplin,
Tanggung jawab,
B.Materi
Pembelajaran
“Budaya hidup sehat”
C.Metode
Pembelajaran
1. Diskusi dan
ceramah
2. Bagian dan
keseluruhan (Part and whole)
3. Saling
menilai sesama teman (Resiprocal)
D.Langkah-langkah
Pembelajaran
a.Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
Penjelasan
tentang bahaya HIV/AIDS yang meliputi : perkembangan HIV/AIDS di
Indonesia, asal
usul penyakit HIV/AIDS dan tahapan-tahapan HIV/AIDS menjadi AIDS.
Penjelasan
tentang cara menghindari HIV/AIDS melalui: cara HIV/AIDS masuk dalam
tubuh manusia,
masa inkubasi virus HIV/AIDS, cara penularan virus HIV/AIDS, gejala
awal terinfeksi
virus HIV/AIDS dan kelompok beresiko tinggi terkena HIV/AIDS.
Penjelasan
tentang cara pencegahan virus HIV/AIDS melalui: cara pencegahan virus
HIV/AIDS dan
obat-obatan untuk menyembuhkan virus HIV/AIDS.
Pembelajaran
dilakukan dengan menggunakan diskusi, dimana siswa dibagi beberapa
kelompok dan
beberapa materi pembelajaran. Masing-masing kelompok harus
mempresentasikan
materi sesuai dengan undian yang dilakukan di depan kelas.
b.Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi,
Siswa kelompok
yang lainnya (siswa yang tidak tampil) dapat menanyakan dan
menyangga
jawaban yang diberikan oleh kelompok yang mempresentasikan materi.
d.Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Disiplin,
Kerja keras,
Kreati, Rasa ingin tahu, Cinta Tanah air.);
Menjelaskan
tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Menghargai
prestasi,
Bersahabat, Cinta damai, Gemar membaca, Tanggung jawab,);
3. Kegiatan
Penutup
Pendinginan
(colling down) (nilai yang
ditanamkan: Disiplin, Kerja
keras, Kreati, Rasa
ingin tahu, Cinta Tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat, Cinta
damai, Gemar
membaca, Tanggung jawab);
E.Alat dan
Sumber Belajar
1. Alat
Pembelajaran :
Ruang kelas
Poster
Papan tulis
2. Sumber
Pembelajaran :
Media cetak
Buku pegangan
guru dan siswa SMA Kelas X, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga
dan Kesehatan,
Jakarta: Erlangga.
Lembar Kerja
Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
F.Penilaian
1. Teknik dan
Bentuk Penilaian
a.lisan dan
tertulis
Jumlah skor yang
diperoleh
Penilaian
Kognitif = ----------------------------------------- X 100%
Jumlah
skor maksimal
Mengetahui, Sajingan
Besar, Januari 2014
Guru
Pamong Guru
Mata Pelajaran,
Samto,S.Pd. Kirman
NIP
: 197418042006041006 Nim:421000017
Mengetahui,
Dosen
Pembimbing
Rusdi,M.Pd
NIP:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar