SILABUS PEMBELAJARAN
SEKOLAH : Sekolah
Dasar
KELAS : VI
SEMESTER : II
MATA
PELAJARAN : PEND. JASMANI OlAHRAGA DAN KESEHATAN
Standart Kompetensi
: 6. Mempraktikan berbagai gerak dasar dalam permainan dan olahraga
dengan peraturan yang dimodifikasi dan nilai-nilai
yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok/ Pemblj.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||||||
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Insrumen
|
||||||||||
6.1
Mempraktikan penerapan tehnik dasar salah satu permainan dan olahraga bola
besar dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportifitas
dan kejujuran **)
|
Permainan bola besar [ basket ]
|
· Siswa dapat melakukan dan memahami permainan basket
· Siswa dapat melakukan bermain basket serta dapat
melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
· Siswa dapat memahami strategi dalam bermain basket
|
· Melakukan berbagai keterampilan dasar ( melempar, menangkap, menggiring,
mengontrol, menembak) permainan basket.
· Melakukan tekhnik posisi pertahanan dan penyerangan.
· Bentuk formasi sesuai kebutuhan permainan.
· Melakukan kerjasama tim dalam permainan
· Bermain bola basket dengan peraturan yang
dimodifikasi
· Melakukan kerjasama tim ,menjungjung tinggi
sportivitas dan kejujuran dalam permainan
|
Test
(perorangan/
berpasangan)
Test
kelompok
|
Test ketrampilan
|
1. Praktek servis
2. Praktek pasing
3. Praktek smash
4. Praktek blok
5. Praktek bermain voly dengan peraturan yang sederhana
6. Praktek bermain voly dengan peraturan yang
sebenarnya.
|
10 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Diktat permainan
· Lapangan
· Bola basket
· Scoring board
· Stop watch
· Pluit
|
||||
Mempraktikan
penerapan tehnik dasar salah satu permainan dan olahraga bola kecil dengan
peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerjasama, sportivitas dan kejujuran
**)
|
Permainan bola kecil [soft ball]
|
· Siswa dapat melakukan dan memahami permainan
softball
· Siswa dapat melakukan bermain Soft ballserta dapat
melakukan kerjasama dengan menjungjung tinggi sportivitas.
· Siswa dapat memahami strategi dalam bermain softball
|
· Melakukan berbagai keterampilan dasar : melempar,
menangkap, memukul dalam permainan softball
· Melakukan lempar tangkap bola melambung, mendatar
dan menyusur tanah berpasangan
· Menjelaskan peraturan umum dalam permainan softball
· Menjelaskan / melakukan tekhnik mematikan lawan
· Menjelaskan / melakukan tekhnik mendapatkan
poin/nilai
· Bermain softball dengan peraturan yang dimodifikasi
· Melakukan kerjasama antar tim dan menjungjung tinggi
sportivitas
|
Test
Perorangan
Test
kelompok
|
Test praktek
Test praktek
|
1. Praktek cara memegang raket
2. Praktek cara servis
3. Praktek cara smash
4. Praktek bermain bulu tangkis dengan peraturan yang
sebenarnya
|
8 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Diktat permainan
· Lapangan
· Bola soft ball
· Scoring board/keset
· Pluit
· Stik/ pemukul
· Glove
|
||||
6.3
Mempraktikan pengembangan koordinasi beberapa nomor tehnik dasar atletik
dengan peraturan yang dimodifikasi, serta nilai kerja sama, sportifitas dan
kejujuran **)
|
Atletik [Tolak peluru]]
|
· Siswa dapat melakukan dan memahami tekhnik memegang
dan menyimpan peluru
· Siswa dapat melakukan tolak peluru dengan baik
· .Melakukan tehnik lari estafet
· Melakukan dasar lompat tinggi
|
· Melakukan gerakan cara memegang peluru
· Melakukan gerakan cara menyimpan peluru sebelum di
tolak
· Melakukan gerakan tolak peluru tanpa alat dengan
hitungan
· Melakukan gerakan tolak peluru dengan alat dengan
hitungan
· Melakukan gerakan tolak peluru dengan awalan / tanpa
awalan dengan hitungan
· Melakukan gerakan tolak peluru dengan menggunakan
peluru dan lapangan yang sebenarnya
|
Test
(berpasangan)
Test
(individu)
|
Test praktek
Test
ketrampilan
|
1. Praktekan cara memegang tongkat
2. Praktekan cara memberi tongkat
3. Praktekan cara menerima tongkat
4. Praktekan perlombaan lari estafet dengan teknik yang
benar
Praktekan lompat tinggi
dengan tehnik yang benar
|
4 x 35 Menit
|
· Buku Penjaskes kls. 6
· Diktat Atletik
· Lapangan
· Bola kecil
· Pluit
|
||||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline
)
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
||||||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar