RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah
|
: Sekolah Dasar
|
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas/Semester
|
: 4 [
Empat ] / 2 [ dua ]
|
Pertemuan ke
|
: 2 ( dua)
|
Alokasi Waktu
|
: 2 x 35 menit
|
Standar Kompetensi : 10. Mempraktikkan gerak dasar renang gaya bebas dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya *)
Kompetensi Dasar ; 10.1 Mempraktikkan
gerak dasar; meluncur, menggerakkan tungkai, menggerakkan lengan serta nilai
kebersihan
.
A. Tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat melakukan gerakan dasar renang
- Melatih keberanian dan percaya diri
- Siswa dapat melakukan gerakan dasar renang
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
B. Materi Ajar (Materi Pokok):
- Renang
- Meluncur
C. Metode Pembelajaran:
- Ceramah
- Demonstrasi
- Praktek
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 21
- Kegiatan Awal:
Ø Siswa dibariskan menjadi empat barisan
Ø Mengecek kehadiran siswa
Ø Menegur siswa yang tidak berpakaian
lengkap
Ø Melakukan gerakan pemanasan yang
berorientasi pada kegiatan inti
Ø Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
- Kegiatan Inti:
Pertemuan 21
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø Siswa
dapat melakukan gerakan dasar renang
Ø
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
Ø
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø
Memperagakan
gerak meluncur renang gaya bebas
Ø
Melakukan
gerakan tungkai dalam meluncur dengan bantuan pelampung
Ø
Menempelkan
satu kaki ke dinding kolam kedua tangan di permukaan air
Ø
Mendorong
dengan ke dua kaki
Ø
Melakukan gerakan lengan dalam meluncur dengan
menarik lengan dari depan ke belakang secara bergantian
Ø
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
Ø
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
Ø
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
Ø
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Ø
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Ø
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan
dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
Ø Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan
gerakan dan tekhnik dalam melakukan
gerakan
E. Alat dan Sumber Belajar:
- Buku Penjaskes
- Diktat renang
- Kolam
- pelampung
- Pluit
F. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Memperagakan gerak meluncur renang gaya bebas
·
Melakukan gerakan tungkai dalam meluncur
·
Melakukan gerakan lengan dalam meluncur
|
Tes
-Praktek
- Tes
tulis
|
Tes
-Ketrampilan
- Tugas
-Pengamatan
- Soal
|
- Lakukan
gerakan meluncur secara
berkelompok !
- Lakukan gerakan
meluncur ditarik teman bergan
tian !
- Lakukan gerakan tung
kai renang gaya
bebas
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
a.
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
b.
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Ø Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial.
Senipahan,25 Februari 2016
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel PJOK.
DANIEL,S.P.d.Sd KIRMAN,S.Pd
NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar